Minggu, 03 Mei 2009

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Toshiba Mini Notebook NB200

Kamis, 30 April 2009 - 10:07 wib(okezone.com)

Akhirnya Toshiba turut menghadirkan netbook di pasar komputer di Indonesia. Mengambil tajuk mini notebook NB200, balutan warna yang cantik menjadi pelengkap dari kemampuan kerja netbook ini.

Dengan layar 10,1 inchi diagonal widescreen LED display, NB200 tetap ringan dan mudah dibawa kemana-mana, karena memang beratnya hanya 1,18 kilogram. Walaupun terlihat sangat kecil, Toshiba tetap menghadirkan papan keyboard full qwerty dan touchpad seukuran laptop biasa, jadi saat mengetik atau bernavigasi tidak perlu khawatir terlalu ribet.

Lalu apa artinya nyaman, kalau tidak ditunjang dengan spec yang tidak maksimal. Untungnya NB200, Toshiba membenamkaan prosesor yang tengah populer, Intel Atom N280, yang saling melangkapi dengan sistem operasi Windows XP home edition.

Meskipun netbook, ruang dalam NB200 cukup lapang dengan hard disk 160 gigabyte yang anti goncang karena dilengkapi shock absorbes, ditambah memori DDR2 SDRAM 1024 MB. Dalam bekerja, kemampuan produk ini mampu menemani Anda hingga 4 jam, sebab baterai 3-sel menjadi faktor utamanya.

Dari sisi fitur NB200 juga tidak mau ketinggalan, seperti bluetooth 2.1 EDR, webcam, serta dua port USB 2.0 yang semakin lengkap dengan combo port eSAT/USB yang berfungsi sleep-charge, yang memungkinkan Anda dapat mengisi baterai barang elektronik yang lain, seperti ponsel. Sebagai penahbis NB200 ini adalah netbook, sudah bisa berselancar internet dengan wifi.

Secara keseluruhan, NB200 sudah memenuhi semua syarat sebagai netbook yang mumpuni. Apalagi, balutan warna warni yang beragam, membuat netbook ini� menjadi lebih manis.

Spesifikasi NB200

OS: Windows XP Home Edition
Prosesor : Intel Atom N280
Hard Disk: 160 GB yang bisa ditambahkan dengan HD eksternal portabel hingga 500GB
Memori: DDR2 SDRAM 1024MB
Berat: 1,18KG
Layar:10.1 inchi
Baterai:3-cell litihum ion yaang mampu bekarja 4 jam Fitur lain:Bluetooth 2.1, Wifi, web camera, dengan USB 2 port Harga:Rp 5,7 jutaan (srn)


Windows 7 Release Candidate Siap Dikritik

Jum'at, 1 Mei 2009 - 10:25 wib(okezone.com)

NEW YORK - Seolah tidak ingin kesalahan yang sama saat meluncurkan Windows Vista beberapa tahun lalu, Microsoft siap menerima kritikan dari para pengembang dan masyarakat mengenai kemampuan Windows 7. Seperti diketahui, release candidate (RC) dari Windows 7 akan dilempar ke publik pada Selasa 5 Mei mendatang. Hadirnya RC Windows 7 oleh Microsoft, tentu saja menjadi indikasi kuat kalau operating system (OS) ini siap dipoles menjadi lebih baik dari Vista, dengan mendengarkan masukan dari penggunanya. "Kami tidak sabar mendengar dari rekan dan konsumen Microsoft. Sebab itu, menjadi langkah yang fundamental untuk mengembangkan Windows 7 ke arah yang lebih baik pada finalnya nanti," tegas Senior Vice President Microsoft untuk Bisnis Windows Bill Veghte, seperti yang dikutip Reuters, Jumat (1/5/2009). "Microsoft telah bekerja dengan sangat keras untuk menghadirkan RC dengan kualitas terbaik sepanjang sejarah Windows," sambungnya. Kendati demikian, banyak para pengamat mengungkapkan kalau Windows 7 RC tidak akan mengubah banyak Windows 7 saat dirilis final nanti, yang kabarnya akan diedarkan akhir tahun ini. Keyakinan itu didasari oleh, beberapa komponen yang merupakan pelengkap dari XP, dan penutup 'lubang kesalahan' dari Vista. Terlebih, sistem operasi anyar ini bakal kompatibel dengan kontrol komputer layar sentuh, agar dapat bekerja maksimal. "Kami jamin ada perubahan signifikan dari Windows 7," tandas Veghte. (srn)


Intel: Perbaharui PC Mampu Menghemat Biaya

Kamis, 30 April 2009 - 19:45 wib(okezone.com)

JAKARTA - Kebanyakan perusahaan berharap agar bisa lebih berhemat dengan menjaga agar PC bisa lebih bertahan lama. Namun nyatanya cara ini tidak ampuh menyelesaikan masalah tersebut. Sekira 68 persen perusahaan lebih memilih mempertahankan komputer lama karena keterbatasan anggaran dana perawatan komputer di masa krisis seperti sekarang. Padahal, seperti yang dikemukakan oleh Rob Crooke GM and VP, Business Client Group Intel Corporation ketika conference call di Recapital Building, Kamis (30/4/2009) dengan memperbarui komputer, perusahaan akan lebih bisa menghemat biaya. Selain itu, mempertahankan komputer lama juga akan merugikan sistem keamanan komputer perusahaan itu sendiri. Dengan memperbarui PC, tingkat keamanan sistem komputer akan meningkat sebesar 53 persen. Rob menjamin, hal ini tidak akan merugikan. Justru sebaliknya, perusahaan mendapat keuntungan dengan melakukan penghematan biaya, sistem keamanan yang lebih terjamin dan juga berimbas pada produtivitas kerja.(srn)


Netbook IdeaPad S10 Dongkrak Penjualan Lenovo

Selasa, 28 April 2009 - 17:07 wib(okezone.com)

JAKARTA - Gejolak ekonomi yang masih terombang-ambing, tidak membuat penjualan komputer Lenovo keteteran. Malah, vendor tersebut mencatat peningkatan keuntungan yang lumayan signifikan.

Seperti yang diungkapkan oleh Country Manager Transactional Business lenovo Indonesia, Irene Santoso, kalau penjualan produk Lenovo mengalami peningkatan. Bahkan, dari sebuah survei menyebutkan kalau, Lenovo berhasil merangsek ke posisi lima, dari sebelumnya berada di tempat ke delapan.

"Kebanyakan dari penjualan kami berasal dari netbook S10. Yang sejak diluncurkan Agustus lalu, telah mengalami peningkatan hingga 50 persen," terang Irene usai peluncuran produk Lenovo terbaru, di FX Plaza, Selasa (28/4/2009).

Bahkan kabarnya Lenovo S10, sempat mengalami kehabisan stok di berbagai toko elektronik. Walaupun, saat ini Lenovo menjamin ketersedian telah normal kembali.

"Kita juga tidak mengerti pangsa pasar Indonesia. Seperti S10 itu, saat ini warna pink paling laris terjual. Padahal saat pameran, tidak demikian," tandasnya.

Melihat hal tersebut, vendor yang berbasis di China itu sangat optimis bisa melaju dalam menjaring pembeli. Terlebih, segmen netbook masih terus menunjukan tren peningkatan.
(srn)


AppWorld, AppStore Versi Blackberry

Selasa, 28 April 2009 - 06:00 wib(okezone.com)

TORONTO - Semua platform ponsel cerdas agaknya mulai mengekor langkah Apple dengan membuka layanan download aplikasi seperti AppStore khusus bagi iPhone dan iPod.

Blackberry pun agaknya tak mau ketinggalan. Ponsel cerdas besutan Research In Motion ini kini memiliki layanan download aplikasi yang hadir melalui AppWorld.

AppWorld diklaim memiliki berbagai aplikasi yang lebih ciamik dibandingkan dengan layanan serupa yang dimiliki Google untuk pasar ponsel Android.

"Bagaimanapun App World masih pada tahap perkembangan, beberapa aplikasi yang tersedia masih terbatas dan rata-rata harganya pun tinggi," demikian ujar salah satu pe-review, Rachel Metz yang dilansir oleh Linux Insider, Selasa (28/4/2009).

Meski masih berkembang, namun App World dinilai mampu menjadi pesaing para pendahulunya di pasar aplikasi ponsel cerdas yang sedang booming. Saat ini App World memiliki lebih dari 1.000 aplikasi yang terus ditambah setiap harinya.

Layanan download aplikasi ini memiliki berbagai kelebihan. Piranti lunak App World memiliki desain yang simple, mudah dinavigasi dan bekerja pada semua jenis ponsel Blackberry terbaru.

RIM bekerjasama dengan situs lelang eBay dan layanan pembayaran online PayPal sehingga hal ini memudahkan pengguna yang telah memiliki akun PayPal.

App World memang nampaknya tidak secerdik App Store Apple namun secara visual lebih menarik dari Google Android Market. Anda bisa mencari dari sejumlah fitur item yang tersedia, dan mencari aplikasi yang diinginkan berdasarkan judul, kategori atau popularitas. Pengguna pun dapat mencoba aplikasi terlebih dahulu sebelum mereka membelinya.
(srn)


Blackberry Istimewa Obama Tak Kunjung Selesai

Selasa, 28 April 2009 - 13:33 wib(okezone.com)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama sepertinya harus menunda keinginannya untuk memegang Blackberry 'istimewa' yang khusus diperuntukan untuknya. Pasalnya Blackberry modifikasi 8830 yang mampu dioperasikan di seluruh jaringan operator seluler Eropa dan Amerika Utara tak kunjung selesai-selesai.

Foxnews, Selasa (28/4/2009) melansir BlackBerry Obama tersebut sekarang masih diuji coba lembaga keamanan Amerika, National Security Agency (NSA) agar tingkat keamanannya benar-benar dapat dipastikan 100 persen aman.

Hingga Saat ini, Obama masih memakai BlackBerry 8700 yang juga punya perlindungan keamanan level tinggi.

Rencananya, BlackBerry 8830 Obama akan dilengkapi dengan software keamanan SecurVoice yang dibuat perusahaan Genesis Key. Program tersebut diklaim sebagai solusi keamanan ponsel terlengkap pertama di dunia yang mengamankan data, suara, dan video.

Banyak kalangan mempertanyakan tentang lamanya BB tersebut jatuh ke tangan Obama. Mengingat SecurVoice merupakan aplikasi lama, yang telah beredar sejak desember 2008, sedangkan Blackberry 8830 juga bukan merupakan handset baru.

"Kami akan segera memberikan Blackberry di tangan Obama," kata Chairman Genesis Key, Steven Garrett.

Blackberry 8830 yang telah dimodifikasi itu juga akan digunakan oleh ibu negara AS, Michelle Obama dan pejabat pemerintah lainnya. (srn)




Nama: Meita Trisna Pertiwi
Kelas : XII IA 4
No Abs : 19

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar